TANTANGAN DAN PELUANG IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD KE-21 PADA MATA PELAJARAN FIQH

Authors

  • Ari Arkanudin STIT Bustanul 'Ulum Lampung Tengah
  • Beko UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Asmuni Asmuni Institut Al-Maarif Way Kanan

DOI:

https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.92

Keywords:

Model pembelajaran, Keterampilan abad ke-21, Fiqh, Peluang, Tantangan

Abstract

Pada era globalisasi, pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Salah satu caranya dengan menerapkan model pembelajaran abad ke-21. Model ini dapat diterapkan dalam mata pelajaran fiqh untuk membantu siswa memahami dan mengamalkan ajaran Islam secara lebih mendalam dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan model pembelajaran berbasis keterampilan abad ke-21 dalam mata pelajaran fiqh. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel, dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran abad ke-21 memiliki banyak peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqh, salahsatunya mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Namun, penerapan model ini juga memiliki beberapa tantangan, seperti membutuhkan persiapan guru, dan perubahan mindset siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran abad ke-21 memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqh. Dengan mengatasi berbagai tantangan, model ini dapat menjadi alat efektif untuk membantu siswa menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

References

Albina, M. et al. (2022) ‘Model Pembelajaran Di Abad Ke 21’, Warta Dharmawangsa, 16(4), pp. 939–955. Available at: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446.

Arifah, N.A. and Utami, R.D. (2023) ‘Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar’, Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), p. 27. Available at: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10990.

Chairunnisak (2020) ‘Implementasi Pembelajaran Abad 21 Di Indonesia’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, pp. 351–359.

Dhewantoro, H.N.S. and Supardi (2022) ‘Pembelajaran Berbasis Keterampilan Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Abad 21’, Prosiding Webinar Nasional Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta Dalam Rangka Dies Natalis Ke-58 Uny, pp. 117–128.

I.N. Selamat (2023) ‘Keterampilan Abad Ke-21 Pada Pembelajaran Sains Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(2), pp. 14–21. Available at: https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60895.

Mansyur, M.Z. et al. (2024) Belajar dan Pembelajaran Abad 21.

Mashudi, M. (2021) ‘Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21’, Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), pp. 93–114. Available at: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187.

Redhana, I.W. (2019) ‘Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia’, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Widodo, S., & Wardani, R.K. (2020) ‘Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.’, 7(September), pp. 185–197.

Zubaidah, S. (2020) ‘Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online’, (2), pp. 1–17.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Arkanudin, A., Beko Ahmad, H., & Asmuni, A. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD KE-21 PADA MATA PELAJARAN FIQH. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 188–214. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.92