PEMANFAATAN GRAND DESAIN UIN GUSDUR UNTUK KEMAJUAN KEILMUAN GLOBAL DAN PERSOALAN KEMANUSIAAN

Authors

  • Batsnah Nuwaifila UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.76

Keywords:

Harmonisasi Sains dan Agama, Aksiologis, Grand Desain

Abstract

Jika ditelaah mengenai sejarah antara sains dan agama, terdapat kitab suci yang dibumikan untuk memisahkan antara sains dan agama yang sempat menimbulkan kekacauan di berbagai bidang saat itu. Adanya perbedaan antara sains dan agama, disebabkan kesalahanpahaman dalam memahami ajaran agama Islam yang bersifat universal. Penyatuan sains dan agama sedang diupayakan khususnya di Indonesia pada bidang pendidikan. Pada pembahasan ini membahas “Bagaimana penerapan Grand Desain keilmuan untuk kemajuan UIN KH. Abdurrahman Wahid berdasarkan asas aksiologis?”. Tujuan dilakukannya kajian ini adalah sebagai tolak ukur bagi sebuah Lembaga Pendidikan dalam mengembangkan keilmuannya dengan kemajuan dalam bidang Pendidikan. Kajian ini penting untuk dilakukan untuk pengembangan keilmuan Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid dalam mencapai sebuah universitas yang lebih maju. Hasil dari kajian ini adalah pemanfaatan grand desain UIN Gus Dur dapat dilakukan dengan upaya dinamisasi pemikiran Islam sebagai upaya menginterpretasikan kembali ajaran-ajaran keislaman sedemekian rupa sehingga dapat lebih dinamis dalam merespon permasalahan keislaman yang kontemporer. Selain itu perlu adanya pemanfaatan fasilitas dan pemanfaatan perkembangan iklim untuk peningkatan kulitas Pendidikan dalam lingkup universitas.

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sukabumi: Jejak Publiser, 2018).

Ilmiyah, Nurul, Novi Nur Lailisna, dkk. (2021). “Mudahnya Memahami Metode Penelitian ( Pengertian dan Konsep Dasar)”. Bojonegoro: CV. Agrapana Media.

Kumuastuti, Andi dan Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). “Metode Penelitian Kualitatif”.

Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Ramdhan, Muhammad. (2021). “Metode Penelitian”. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Susanto. (2011). “Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara.

Agazzi, E. (2010). “Science And Religion”. History And Philosophy Of Science And Technology – Vol. I.

Alam, Naufal Ahmad Rijalul. (2021). “The Practice of Science and Religion Integration: Students Perspective on Muhammadiyah Pesantren,” Vol. 16. No. 2, Jurnal At-Ta'dib, DOI: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v16i2.6896.

Fedorovych, Anna. (2018). “Axiological Dimensions Of Preschool Teacher Training In Ukraine”.

Lubelski Rocznik Pedagogiczny T. XXXVII, Z. 3.

SV, Maximets, Pudeyan LA. (2019). “Russian And French Phraseology: Axiological Aspect”, Vol. 11, No 5 • http://soc-journal.ru

Т.В. Зенкова. (2019). “«Успешный человек» как ценностная доминанта американской лингвоаксиологической картины мира”,. Zenkova T.V: Polylinguality and Transcultural Practices, Vol. 16 No. 2.

Jurnal Terakreditasi Nasional

Miftah, Muhammad. (2017). “Model Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Nasional”.

Jurnal Penelitian : Vol. 14 No. 2.

Nasir, Muhammad. (2021). “Aksiologi Ilmu Pengetahuan Dan Manfaatnya Bagi Manusia“.

Ridwan Institute: Vol. 3 No. 11.

Rosnawati, Ahmad Syukri, dkk. (2021). “Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya Bagi Manusia”. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 4 No 2.

Sanprogi, Maria Sanprogi. (2017). “Aksiologi Filsafat Ilmu dalam Pengembangan Keilmuan”. Al Murabbi Vol. 4 No.1.

Sari, Milya dan Asmendri. (2020). “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA”. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA : Vol. 6 No. 1.

Surbakti, Andika Hariyanto. (2017 ). “Pembelajaran Bahasa Ditinjau dari Segi Aksiologi”.

Jurnal As-Salam: Vol.1 No. 1.

Abadi, Totok Wahyu. (2016). “Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika”. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vo.l 4 No. 2.

Arifudin, Iis. , (2016). “Integrasi Sains dan Agama serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam,”. Jurnal Edukasia Islamika Vol. 1 No. 1.

Hamdani. (2019). “Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Keislaman”. Al-Ibrah: Vol. 4 No. 2. Wardani, Moh. (2013). “Problematika Pendidikan Islam Dan Solusi Alternatifnya (Perspektif

Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis)”. Tadrîs: Volume 8 Nomor 1.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Nuwaifila, B. (2024). PEMANFAATAN GRAND DESAIN UIN GUSDUR UNTUK KEMAJUAN KEILMUAN GLOBAL DAN PERSOALAN KEMANUSIAAN. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 98–113. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.76