Analisis Pemikiran Pendidikan Kritis Perspektif Ibnu Thufail
DOI:
https://doi.org/10.62448/bujie.v2i1.54Keywords:
Pendidikan Kritis, Hayy Ibn Yaqzan, Ibnu ThufailAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konstruksi pendidikan kritis yang terkandung dalam novel “Hayy Ibn Yaqzan” karya Ibnu Thufail dalam kaitannya dengan pendidikan tauhid. Novel “Hayy Ibn Yaqzan” berkaitan erat dengan pendidikan kritis karena memuat kisah perjalanan spiritual dan intelektual manusia dalam pencarian kebenaran. Latar belakang penelitian ini didasarkan atas kepentingan untuk membangun konsepsi nalar pendidikan kritis dan mengeksplorasi probabilitas lainnya yang terkandung dalam novel klasik tersebut. Sumber utama penelitian adalah novel "Hayy Ibn Yaqzan" dan literatur terkait yang relevan tema penelitian. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode library research dengan teknik analisis konten. Proses analisis konten dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis konstruksi nalar pendidikan yang muncul dalam novel, seperti halnya dalam temuan penelitian ini yang meliputi beberapa aspek penting, seperti pendidikan melalui pengamatan alam, penggunaan akal dan penalaran rasional dalam pemahaman agama, mendorong kemandirian dalam belajar agama, pendidikan moral dan etika, serta pentingnya dialog dan refleksi kritis dalam pencarian pemahaman spiritual. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pengembangan pendekatan pendidikan kritis dalam konteks pendidikan Islam, serta memperkaya hubungan antara sastra Islami dan pendidikan kritis. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi praktisi pendidikan Islam dalam mengembangkan strategi dan pendekatan pendidikan yang kritis, reflektif, dan kontekstual, terutama dalam dikaitkan dengan aktualisasi kurikulum merdeka belajar
References
Alhayyani, Mesfer. “Ibn Tufail’s Hayy Ibn Yaqzan: The Natural Progression of the Mind and Intellectual Elitism.” Pharos Journal of Theology 104, no. 4 (2023): 1–12.
Corbin, Henry. History of Islamic Philosophy. New York: Routledge, 2014.
Dini, Muhammad Nasri, Syamsul Bakri, and Yusup Rohmadi. “Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Thufail.” HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2023): 129–39. https://doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.456.
Goodman, Lenn E. “Ibn Ṭufayl.” In History of Islamic Philosophy, 313–29. New York: Routledge, 2020.
Hanafi, Muhammad. “Konsep Pendidikan Islam Ibn Thufail.” As-Sabiqun 1, no. 2 (2019): 41–52. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.353.
Hidayah, Fathi. “Mengkaji Teori Humanistik Dalam Novel Hayy Ibn Yaqdzhan Karya Ibnu Thufail.” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies 2, no. 1 (2017): 17–28.
Jackson, Roy. “Hayy Ibn Yaqzan: A Philosophical Novel by Ibn Tufayl.” Alfinge, no. 29 (2018): 83–101. https://doi.org/10.21071/arf.v0i29.10111.
Junaidi, Mahbub. “Ibnu Thufail.” Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 7, no. 1 (2020): 52–65. https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v7i1.2027.
Marnisah, Luis, Havis Aravik, and Fakhry Zamzam. “Dari Kisah Hayy Bin Yaqzhan Sampai Moralitas Ekonomi; Pemikiran Ekonomi Ibn Thufail.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 6, no. 4 (2019): 343–54.
Masruri, M Hadi. Ibn Thufa’il; Jalan Pencerahan Mencari Tuhan. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2005.
Masudi, Masudi. “Pemikiran Filsafat Ibnu Thufail: Khazanah Pemikiran Filsafat Dari Timur Asrar Al-Hikmat Al-Masyriqiyyah.” Fikrah 3, no. 2 (2015): 411–30. https://doi.org/10.21043/fikrah.v3i2.1822.
Musthofa, H. A. Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Orman, Turkan Firinci. “Paradigm” as a Central Concept in Thomas Kuhn’s Thought.” International Journal of Humanities and Social Science 6, no. 10 (2016): 47–52.
Qodim, Husnul, Abdul Wasik, and Fikri Taufiqur Rohman. “Pendidikan Tasawuf Ibnu Thufail Dalam Novel Hayy Bin Yaqdzan.” Esoterik: Jurnal Akhlaq Dan Tasawuf 8, no. 01 (2022): 103–28. https://doi.org/10.21043/esoterik.v8i1.8503.
Qomarudin, Ahmad, Maslahah Maslahah, and Arina Zulva Maulida. “Mystical, Ontological, and Functionalist According to Cornelis Anthonie Van Peursen in The Theory of Philosophy of Science.” SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 1, no. 4 (2022): 549–56. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i4.1088.
Thufail, Abu Bakar Muhammad Bin. Hayy Bib Yaqdzon: Manusia Dalam Asuhan Rusa. Edited by Terj. Nurhidayah. Yogyakarta: Penerbit Navila, 2010.
Titscher, Stefan, Michael Meyer, Ruth Wodak, Eva Vetter, Abdul Syukur Ibrahim, Muhammad Fuad, Carolina Sasabone, Frans Thomas, Thomas Pandonge, and Suwarna Pringgawidagda. Metode Analisis Teks Dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Tufayl, Ibn. Ibn Tufayl’s Hayy Ibn Yaqzan: A Philosophical Tale. Chicago: University of Chicago Press, 2015.
Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam: Filosof Dan Filsafatnya. Bandung: PT Raja Granfindo Persada, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Labib Ulinnuha, Tejo Waskito, Yulita Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.